Gadget, Networking, IT Things and Anothers

Wednesday, August 15, 2018

VPN Praktis Menggunakan Mikrotik Bagian I

Mas Bro Gan Sob, sebagai router serba bisa dan serba guna Mikrotik hadir dengan beberapa jenis VPN yang sangat mudah untuk digunakan. Eh, sebelumnya VPN itu apa sih? nah menurut wikipedia VPN atau Virtual Private Network adalah jaringan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan menafaatkan protocol tertentu. Nah, kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai implementasi VPN praktis menggunakan Mikrotik.

Mikrotik mendukung beberapa jenis VPN seperti, PPTP, SSTP, L2TP, dan yang lainnya. Kali ini saya akan menjelaskan dua jenis VPN yang sering saya gunakan untuk koneksi sementara yaitu, PPTP dan SSTP. Kenapa saya bilang sementara, karena saya sendiri menggunakan VPN ini hanya saat membutuhkan koneksi ke pabrik tempat kerja, walaupun VPN ini bisa digunakan untuk koneksi permanen antar mikrotik dengan jaringan internet.

1. PPTP
PPTP merupakan salah satu jenis VPN yang paling mudah digunakan dan banyak didukung platform OS yang ada, baik Windows, Linux, Mac ataupun Android. Saya sendiri sering menggunakan PPTP ini. Untuk konfigurasinyapun sangat mudah, kita tinggal mengaktifkan server PPTP lalu membuat secret dan profile untuk usernya. Berikut langkah-langkahnya :

*btw saya tidak akan membahas setup mikrotik dari awal, saya akan langsung menuju setup dari PPTP ini. Dan setting yang saya lakukan full menggunakan winbox

  1. Silahkan login ke router Mikrotik menggunakan Winbox lalu menuju menu PPP - Interface - PPTP server - Cek Enable - Apply
  2. Membuat IP Pool untuk alokasi IP dari client VPN yang tersambung, menu IP - Pool - add. Buatlah IP Pool dengan range IP yang sesuai dengan yang kita buat di IP-Address agar lebih mudah.
  3. Membuat Profile, menu PPP - Profile - Add, isikan nama profile, isikan local address bisa menggunakan IP routernya, untuk remote address gunakan ip pool yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Membuat Secret (user dan password), menu PPP - Secret - Add. Isikan name, password, pilih service yang sesuai dan pilih profile sesuai dengan yang dibuat sebelumnya.
  5. Cobalah koneksi dari laptop, contoh langkah-langkah koneksi VPN PPTP dari windows 7 seperti berikut :
          a. Buka Control Panel - Network And Sharing Center - Pilih Set up new connection or network
          b. Pilih Connect to a workplace
           c. Pilih No, Create New Connection
            d. Pilih Use My Intenet Connection (VPN)
             e. Isikan Intenet Addressnya, ini bisa menggunakan IP Public internet yang kita miliki
          f. Isikan user dan password sesuai dengan yang dibuat di Secret tadi, centang remember this  password jika menginginkan password disimpan, lalu connect lalu skip.
          g. Ubah jenis koneksi dengan cara klik kanan koneksi yang dibuat tadi lalu ubah Type Of VPN menjadi point to point (PPTP)
        h. Silahkan dicoba koneksinya, gunakan user dan password yang telah dibuat di Secret tadi
Nah Mas Bro Gan Sob, sementara saya ulas yang untuk PPTP saja ya, untuk yang SSTP akan saya ulas di artikel berikutnya. Terimakasih sudah membaca, jika ada yang ditanyakan atau didiskusikan silahkan dituliskan di kolom komentar.

Bersambung....
Share:

0 comments:

Post a Comment